LIFESTYLE PARENTING

Belajar di Masa Pandemi

 

Assalamua’alaikum, hallo teman-teman bagaimana kabarnya?, setelah sekian lama hiatus akhirnya saya kembali menyapa teman-teman pembaca setia ernisyana.com #eaaa maafkeun karena terlalu lama tidak muncul kepermukaan setelah postingan terakhir tentang Mengatur Keuangan di masa Pandemi

Jadi Saya selama ini kemana.. Alhamdulillah karena sedang sibuk sama tesis juga sedang sibuk sama kehamilan kedua yang bawaanya mageran mulu hahaha #alesan!

Jadi… sekarang ternyata sudah 2021 malah sudah bulan Maret mau mendekati bulan April malah, tetapi ternyata sedihnya kita masih hidup berdampingan bersama Covid-19 yang belum enyah dari dunia ini huhu sedihnya, tapi syukurnya sudah ada vaksin semoga semuanya segera kembali baik-baik saja ya dan kembali normal.

Tapi tetap saja ya.. tidak semua selalu baik-baik saja termasuk mungkin ibu-ibu yang bekerja atau yang tinggal dirumah harus bertambah pekerjaan rumahnya dengan menemani si kecil belajar di rumah. Ngacung… siapa yang sudah mau oleng menemani anak-anak belajar di rumah selama pandemi ini hihi, I feel you buibu.. mari kita berpegangan tangan. Walaupun sekarang si abang belum masuk sekolah lagi tapi sebelumnya sempat merasakan sekolah online juga yang walaupun hanya sebentar saja tetapi cukup mengobrak-abrik kewarasan saya sebagai seorang ibu hahaha, saya memang banyak kekurangannya huks.

Tapi saya yakin sekali bahwa kita seorang ibu itu kuatnya Masyaa allah, apapun pasti bisa kita lewati termasuk menemai anak-anak belajar di rumah by online. Pastinya awal-awal ada jatuh bangunnya tetapi setelah setahun ini kita bersama dengan pandemi saya yakin ibu-ibu mulai menemukan pola yang sesuai dan nyaman untuk ibu-ibu sendiri dan anak-anak, benarkan bu….

Jadi saya mau berbagi sedikit tips parenting bagaimana agar menemani anak belajar di rumah selama pandemi ini tetap membuat ibu-ibu sekalian tetap waras tetapi juga berhasil menemani anak-anak belajar dari rumah, apa saja itu;

  1. Menyiapkan jadwal

Saya rasa hal paling mendasar yang harus kita persiapkan selain menyiapkan mental tentunya hihi adalah menyiapkan jadwal belajar, yang nantinnya harus ibu-ibu dan  anak-anak ikuti. Mungkin akan terasa nyaman dan segar ketika belajar di pagi hari atau sesuai jadwal sekolahnya, tetapi menyiapkan jadwal ini is a must menurut saya, yang akan membantu anak juga dalam disiplin terhadap jadwal mereka belajar.

  1. Menyiapkan keperluan

Jangan lupa menyiapkan segala keperluan, termasuk mungkin keperluan primer makanan bagi anggota keluarga sebelumnya, mungkin ibu-ibu bisa menyiapkan untuk keperluan makanan yang akan dimakan besok disiapkan saat malam hari sehingga ibu-ibu jadi tidak terpecahkan pikirannya. Nah hal ini berlaku juga untuk keperluan belajar sang anak, apa saja yang harus disiapkan untuk keperluan belajarnya besok bisa ibu siapkan bersama anak pada malam harinya, sehingga belajar jadi lebih siap deh.

  1. Meluangkan jeda

Kalau dirasa pikiran sudah mulai mumet, jangan memaksakan diri ya buibu.. nggak apa-papa istirahat sebentar sambil scrol2 hape hehe atau keluar sebentar beli minuman kesukaan. Biar apa… ya biar ibu bisa tetap waras ngurus anak haha, jangan sampai nanti karena kelelahan, anak susah belajarnya, ibu berubah jadi singa yang siap menerkam, malah jadi runyam semuanya.

  1. Disiplin

Dan yang terakhir adalah kunci dari segala kesuksesan tentunya adalah disiplin. Disiplin dengan komitment dan jadwal, disiplin terhadap niat yang ingin dituju, Insyaa Allah nanti semua jadi berlajan lancar, dan jangan lupa untuk selalu berdoa juga ya buibu agar kita dimampukan dan dikuatkan menemani anak-anak belajar di rumah. Hihi.. tapi malah ada yang saking nayamannya menemani anak belajar di rumah jadi berubah haluan untuk home schooling bagi anak-anaknya. Siapa tahu ibu-ibu disini juga seperti itu.

 

Sekian tips tipis-tipis dari ibu muda yang masih sedikit pengalaman ini, semoga bisa membantu ya buibu hehehe.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *