LIFESTYLE

Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

Kali ini mau ngobrol seriusan sedikit, mau ngobrolin tentang keuangan *tsahh

Tidak bisa dipungkiri ya teman-teman dampak dari pandemi corona sekarang ini sangat mempengaruhi keuangan semua orang, semua jadi serba susah, banyak yang kena PHK (pemutusan hubungan kerja) banyak yang usahanya bangkrut sampai ada yang gulung tikar, syukur (Alhamdulillah) kita masih diberikan kesehatan di mana kita sedang dihantui oleh Covid-19 yang mengharuskan kita juga tetap menjaga kesehatan walaupun keuangan juga sedang tidak baik-baik saja huhu. Semoga pandemi ini segera berakhir aamiin!

Ketika keuangan keluarga yang sedang tak menentu kondisinya ini kita harus dituntut mencari cara mengatur duit atau uang dengan lebih baik terutama bagi kita sebagai ibu-ibu harus bener-bener pinter bagaimana caranya duit yang seadanya bisa memenuhi kebutuhan keluarga.

Amit amit (jauh-jauh) kalau sampai ada anggota keluarga kita yang kena sakit karena walaupun  ada BPJS tetapi tetap saja kita juga membutuhkan biaya yang paling tidak untuk biaya yang tidak terduga atau yang tidak ditanggung oleh BPJS.

Terus bagaimana cara kita mengatur keuangan keluarga ditengah pandemi tetapi harus menyisihkan sedikit untuk dana kesehatan atau tabungan kesehatan, bukankah lebih baik sedia payung sebelum hujan?, lebih baik sedia sedikit tabungan dari pada tidak sama sekali  betul.

Baiklah ini dia sedikit tips yang bisa kita terapkan dalam mengatur keuangan ditengah masa pandemi:

Mencatat Pengeluaran Keuangan

Source: blog.julo.co.id

Satu hal yang sangat penting tapi sering terlupa adalah mencatat segala pemasukan dan pengeleuraan yang kita lakukan. Memangnya penting mencatat keuangan? Tentu saja penting, dengan mencatat kita akan menghitung berapa uang yang dapat kita gunakan untuk kebutuhan rumah, untuk tabungan dan untuk dana darurat.

Dengan mencatat keuangan kita bisa melihat uang yang telah kita gunakan digunakan untuk saja dan bisa menjadi evaluasi kita jika pengeluaran ternyata lebih besar di post tertentu, saya rasa jika kita hanya mengingat-ngingat dalam pikiran tidak akan akurat  jika kita ingin melihat detailnya, dan tentu saja ini akan sangat berguna dan akan membuat kita bisa menjadi lebih hemat.

Membeli Sesuai Kebutuhan

Source: KreditGoGo.com

Don’t panic buying! Kita tahu kita sedang dalam masa pandemi tapi tak berarti kita harus menyetok berbagai bahan makanan atau apapun untuk kebutuhan rumah yang sebenarnya hanya membuat pengeluaran menjadi lebih besar dan menjadi mubazir bila tidak terpakai sampai habi huhu. Belilah segala seuatu sesuai kebutuhan kita, jika memang bukan sesuatu yang kita butuhkan atau urgent tentu tidak perlu membelinya, kita jadi bisa saving lebih banyak uang.

Sayapun selalu menerapkannya jika melihat sesuatu yang rasanya ingin dimiliki maka akan saya tanyakan kembali ke diri sendiri “apakah saya benar-benar membutuhkan ini?” voila itu berhasil ketika kita menanyakan pada diri sendiri ternyata kita tidak benar-benar membutuhkannya, hanya keinginan kita saja, uangnya jadi bisa kita simpan deh.

Kita bisa membawa catatat apa saja yang kita butuhkan ketika berbelanja, biar tidak membeli yang tidak ada dicatatan. Biasanya ini hobbinya ibu-ibu sukanya memutari tempat belanja mencari-cari sesuatu yang belum tentu kita butuhkan *melihat diri sendiri di cermin.

Menyiapkan Dana Darurat

Source: EKRUT.com

Ini adalah hal yang terpenting walaupun keuangan seret, jangan pernah lupa menabung walaupun itu hanya 10.000 rupiah atau bahakan 1000 rupiah sekalipun, karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di depan sana. Dana darurat ini bisa kita gunakan untuk berbagai kebutuhan yang urgent dan juga dapat digunakan sebagai dana kesehatan jika memang kita sudah memiliki asuransi, tapi jika tidak ada asuransi maka dana kesehatan atau anggaran kesehatan juga harus kita siapkan. Kan sedih kalau ada keluarga yang sakit tapi kita tidak bisa berusaha maksimal dalam mengobati karena terkendala keuangan. Itulah kenapa dengan mencatat  keuangan secara baik, membeli sesuatu sesuai kebutuhan saja akan dapat membuatkan kita bisa menabung menjadi lebih banyak untuk kebutuhan dana darurat atau dana kesehatan.

Liburan? Kita pending dulu dalam masa sulit ini, kita ganti dengan mengunjungi tempat-tempat terdekat dari rumah dengan membawa bekal,  yang penting jadi bisa lebih hemat.

Semoga bermanfaat ya temans. Tetap sehat dan tetap bahagia yess!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *