LIFESTYLE TRAVELING

SAYUR ARES: OLAHAN BATANG PISANG KHAS LOMBOK

Kalian pasti sangat setuju kalau negara kepulauan kita ini dengan berbagai budaya dan suku yang berbeda-beda ini memiliki berbagai jenis maknaan khas yang rasanya luar biasa enaknya. Sebagai seorang asli Lombok sayapun ingin memperkenalkan makanan khas Lombok salah satu kuliner Indonesia yang harus kalian kenal, apa itu? Jeng jeng jeng…..

Bila teman-teman berkunjung ke Lombok dan penasaran dengan makanan tradisional khas Lombok selain plecing kangkung, maka saya merekomendasikan kepada teman-teman untuk memakan salah satu makanan khas Lombok yaitu sayur ares.

lombokgroup.com

 

Ares adalah sebutan yang disematkan olah masyarakat Lombok pada batang pisang muda, sayur ares ini biasanya di jumpai pada acara-acara tertentu seperti acara nikahan, selamatan atau acara besar lainnya. Tak jarang ketika memasak sayur ares orang-oarang akan saling bergotong royong mulai dari yang mencari batang pisang muda, kemudain bagian yang memotongnya sampai dengan yang memasakannya. Semua dikerjakan bersama-sama, ini sekaligus untuk saling menyambung rasa persaudaraan dan rasa masakana yang dihasilkan dari bergotong-rooyong ini sangat nikmat tiada tara.

rumahmediagrup.com

 

Teman-teman jangan heran kenapa kok masyarakat  bisa mengkonsumsi batang pisang muda ini, ternyata sejarahnya sudah dari zaman penjajahan dahulu bahwa batang pisang ini dijadikan makanan ketika pada masa penjajahan, dahulu ketika  makanan sangat sulit didapatkan, sehingga masyarakat mencari alternatif makanan yang bisa dikonsumsi, dan trelahirlah sayur ares ini.

Jika teman-teman penasaran bagaimana rasanya, gambaran yang bisa saya sebutkan tentu saja enak! Hehe.. karena sayur ares ini dimasak dengan penuh cinta dan kasih sayang eaa…. Tapi benar rasanya segar dan krenyes-krenyes apalagi dimasaknya hampir mirip seperti bumbu opor sayur dengan cita rasa lokal Lombok dengan sentuhan bumbu dan tentunya rasa pedasnya.

Kalau di Lombok teman-teman bisa menemukannya di acara-acara hajatan atau selamatan dengan mudah atau maka kalau teman-teman memeriksa harganya di luar negeri maka teman-teman akan sangat terkejut melihat harga dari sepotong batang pisang muda ini, karena harganya sangat mahal lebih dari harga sekilo daging sapi. Jadi sayur ares atau batang pisang muda ini sangat pas jika kita jadikan sebagai makanna tradisional yang harus di lesatarikan dan diperkenalkan ke seluruh Indonesia bahkan dunia. Kalian harus mencobanya!.

 

cookpad.com

Sebagai bonus, saya akan melampirkan resep sayur ares yang saya ambil dari cookpad.com

Bahan-bahan:

  1. 1 kg batang pisang muda
  2. 8 biji cabe rawit
  3. 2 biji cabe merah besar
  4. 5 cangkir santan
  5. 11 butir bawang merah
  6. 3 siung bawang putih
  7. ½ sendok the terasi
  8. 2 ruas jahe
  9. 10 butir kemiri
  10. 1 ruas jahe
  11. 3 sendok makan minyak kelapa
  12. 1 ruas kunyit
  13. Garam secukupnya
  14. Gula secukupnya
  15. 5 helai daun jeruk limau

Langkah:

  1. Batang pisang (yg blm berbuah) dikupas sampai bagian dalamnya yang muda, baru kemudian diiris-iris. Benang-benang yang terdapat antara irisan-irisan batang pisang tersebut dibuangi sampai habis
  2. Setelah benang-benang terbuang, batang pisang yang telah diiris diberi garam (garamm kasar beryodium) sambil diremas-remas, maksudnya agar ares ini menjadi lemas dan rasa sepatnya agak mengurang, diperas dan dicuci dengan air bersih lalu diperas lagi
  3. Bumbu-bumbu diulek semua sampai halus. kecuali jahe cukup dikeprok saja hingga memar
  4. Bumbu-bumbu yang telah halus ditumis sampai aromanya keluar baru dimasukkan ares sambil diaduk.
  5. Terakhir dimasukkan santannya dan dimasak sampai masak..dgn cara dipencet jika sdh lunak artinya sdh matang.

selamat mencoba!

kalau kalian apa makanan tradisonal khas kampung kalian, ceritain yuk! 🙂

3 thoughts on “SAYUR ARES: OLAHAN BATANG PISANG KHAS LOMBOK”

  1. Lidah orang Lombok pasti tidak asing dg masakan yg satu ini..iya sayur “Ares”..menu wajib di saat orang membuat hajatan.. Terimakasih sdh diingatkan betapa Indonesia kaya termasuk jg kaya dg kuliner khas masing2 daerah..👍👍👍

  2. Eh ternyata batang pisang muda juga bisa dibuat sayur. Kirain mah cuma jantung pisang aja. Makanan tradisional Indonesia memang kadang aneh. Tapi sayangnya nikmat. Jadi seaneh apa pun kadang kita nggak bisa berhenti menikmati. Hingga nggak menyadari timbangan udah mendadak ke kanan mulu. Hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *