PARENTING

AGAR ANAK GEMAR MEMBACA

 

Saya percaya suatu kebaikan yang terus menerus kita berikan kepada anak akan membentuk sebuah kebiasaan baik pada anak.

Berbicara tentang membaca, kadang kala adalah sesuatu yang berat karena seringnya ada rasa malas tetapi anehnya kita mau anak kita menjadi seorang yang pintar, rajin dan senang membaca. Saya rasa banyak parents yang seperti ini *ngacung.

Saya sendiri mulai senang membaca karena saya memiliki kakak yang hobi membaca, punya koleksi buku yang banyak dan mulailah kebiasaan baiknya itu menular ke saya, walaupun saya masih cetek. Dan ternyata setelah menikah punya suamipun yang hobi baca dan punya buku bacaan yang banyak juga, lah.. saya seperti terjerembab, terjerembab dalam kebaikan eaaaa.

Ketika memiliki anak sesuatu hal yang ingin sangat saya wariskan kepadanya adalah tentunya dia menjadi anak yang gemar membaca dan senang belajar. Saya rasa semua orang tua memang ingin hal-hal baik yang ingin diberikan pada anaknya.

Tapi ternyata membentuk minat baca agar anak menjadi gemar dan cinta pada buku itu tak semudah melihat iklan di televisi buibuk.. ada effort yang harus dilakukan. Sayapun mulai belajar, menjadi orang tua berarti kita harus mau belajar, maka saya mulailah mengenalkan buku pada anak saya sejak mulai dalam kandungan, selain membaca Al-qur’an saya membaca buku-buku parenting dan buku anak-anak bahkan sampai mengerjakan soal-soal TPA (Tes Potensi Akademik) selama hamil haha se-effort itulah saya kala hamil dulu agar anak saya kelak menjadi anak yang rajin, tetapi apakah dia setelah lahir langsung bisa baca dan hobi belajar? oh tentu saja tidaklah fergusooo, semua harus dimulai lagi dari awal, meskipun tantangan yang dihadapi setelah anak lahir beda lagi.

Maka saya melakukan beberapa hal berikut dimana sampai sekarangpun juga masih berusaha konsisten untuk tetap dilakukan. Chek this out!

Memberikan Buku yang Menarik

Saya rasa langkah hal pertama yang harus dilakukan untuk mengenalkan buku pada anak adalah dengan memberikan dia buku-buku yang dapat menarik perhatiannya, memberikan buku-buku yang sesuai dengan usia perkembangannya. Misalnya ketika anak masih balita maka buku-buku yang memiliki banyak gambar dengan warna-warna terang tentu akan menarik perhatiannya, kemudian bisa dilanjutkan dengan buku-buku sensori dan juga buku-buku sesuai kesukaan si anak. Jangan salah ya buibu anak-anak walaupun masih balita mereka sudah menampakkan kesenanngannya terhadap sesuatu, misalnya anak saya walaupun umurnya belum empat tahun tetapi dia sudah memiliki hobi terhadap sesuatu, misalnya sekarang dia sangat senang dengan sesuatu yang berbau tentang Dinosaurus, maka saya berusaha mencari/membeli buku yang berkaitan tentang Dinosaurus dan ternyata itu menambah minatnya untuk membuka buku.

Menemani Membaca

Ini adalah pengingat untuk saya, karena hal yang harus kita lakukan sebagai orang tua agar anak kita gemar membaca berarti jangan pernah malas untuk menemaninya membaca. Jangan malas untuk membacakannya cerita atau buku-buku yang sedang ia senangi. Kadang anak-anak tak memiliki waktu khusus untuk membaca pokoknya semaunya dia, yang terkadang bertentangan dengan kita yang misalnya sedang mager. Nah disinilah effort-nya membentuk anak senang membaca.

Memberikan Teladan

Jangan berharap anak menjadi rajin bila kita tak menjadi teladan yang baik bagiya. Tentu semua usaha kadang akan menjadi sia-sia bila kita sendiri menjadi orang tua yang malas dalam memberikan contoh, kita hanya menjadi orang tua yang hanya bisa menyuruh tanpa memberikan contoh yang baik rasanya is nothing T.T. Jadi yuk tetap semangat!

Memperlihatkan Buku-Buku

Dan yang terakhir adalah perlihatkanlah buku-buku pada anak, entah itu di rumah yang memiliki rak buku atau dengan sering mengajak anak-anak pergi ke perpustakaan atau toko buku, saya rasa hal ini dapat membentuk anak menjadi familiar dengan buku-buku dan lama kelamaan tentunya menumbuhkan rasa cinta anak terhadap buku.

 

 

Semoga sedikit tips dari ibu muda ini bisa bermanfaat ya tante dan buibu, sayapun masih belajar dan anak sayapun juga masih balita yang artinya perjalanan kami masih sangat panjang dan hasil yang saya harapkan tentu akan terlihat nanti ketika si kecil mulai tumbuh besar.

Yuk sharing pengalaman memperkenalkan buku pada si kecil ^_^

12 thoughts on “AGAR ANAK GEMAR MEMBACA”

  1. Tulisan yg sangat menarik dan sangat bermanfaat seta dibutuhkan oleh para orang tua agar anak memiliki minat dan gemar membaca..so selamat mencoba para ibu & bapak..πŸ‘πŸ™

  2. Aku suka baca buku juga karena simbah dan bapak suka baca. Sekarang berusaha ngenalin buku ke anak-anak,meskipun sekarang tantangannya lebih berat karena ada godaan TV dan gawai

  3. Memang tantangan menumbuhkan minat baca pada anak di Masa modern sekarang ini semakin menantang.. musuhnya banyaaak banget. Ada TV,Ada gawai. Kalau nggak pintar2.. buku2 bisa ditinggalkan oleh generasi ini.

  4. Merasa menjadi ibu yang gagal mengenalkan buku pada anak, sekarang jadi pengen ngumpulin buku cerita anak dan membacakan buat anak-anak tetangga, hehe. Tapi baru niat awal aja sih, karena pasti tidak semudah itu ya mbak. Karena saya lihat anak-anak sekarang lebih akrab dengan gadget, kepikiran aja jangan-jangan niat ini tidak akan bersambut.

    Namun perlu dicoba dulu kali ya, kalau belum dicoba kan nggak akan tahu juga yaa. Semoga istiqomah, ada rejeki dan anak-anak tertarik. Aamiin.

    Lagi-lagi orangtua sangat berperan ya mbak, mau dibentuk seperti apa anaknya nanti. Dan memberi contoh itu adalah hal yang paling baik. Semoga sukses dengan misi yang keren ini ya mbak πŸ™‚

  5. Jaman sekarang tantangan mengenalkan bacaan pada anak banyak banget. Jaman anakku dulu cuma taangan acara anak-anak di TV sama PS. Sekarang masih ada gadget, game juga makin banyak pilihan.

    Memang harus dari diri orang tuanya yang menunjukkan dengan contoh langsung. Ada jadwal khusus baca bareng, jadi anak pasti ikutan tertarik. Meski kadang butuh waktu lama juga

  6. Karena dari kecil udah hobi baca jd aku pengen juga dong anak2ku hobi baca. Alhamdhulilah ketemu suami yg hobi baca juga jd kami hobi banget ke toko buku nyicil beli segala macam buku buat anak2 dan kami juga. Menurutku teladan memang penting kalo anak liat emak bapaknya doyan baca insyaallah akan nurun

  7. Tips-tipsnya menarik nih mbak.
    Kelihatannya sederhana dan gampang dilakukan, tapi ketika benar-benar dijalani emang harus niat ya.
    Aku palilng suka bagian memberikan teladan. Ya orang tua nggak bisa cuma ngomong aja, mesti kasih contoh kan ya.

  8. Peer yg kedua adalah untuk bikin anak yg kedua belajar baca… Saat ini udah tertarik sama buku dan sering minta dibacakan saat di rumah, semoga nanti makin rajin kalau udah lancar bacanya

  9. Yang paling utama memang memperlihatkan pada anak kebiasaan kita membaca buku dulu ya. Akan sulit rasanya membuat anak suka membaca tapi kitanya sendiri enggak suka baca. Baru kemudian menemaninya membaca,bisa dengan membacakan buku ketika hendak tidur, atau mengajaknya berdiskusi tentang buku yang dibacanya ketika si anak sudah cukup umur.

  10. Buku sunggung-sungguh jendela dunia. Itulah yang selalu saya ingatkan ke anak-anak, agar juga suka membaca.
    Bahwa, hidup dan merasakan suasana di daerah (negara) lain, sebenarnya bisa melalui buku.

    Semangat membaca! ^^

  11. Terima kasih, Mbak…

    sekarang aku sering baca buku digital diHP. jangan-jangan anak-anak tahunya aku mainan HP ya πŸ˜€
    kalau untuk anak-anak sih masih kubelikan buku cetak biasa.
    Mohon doanya semoga mimpi punya perpus dan taman baca bisa kesampaian supaya bisa menebarkan kebaikan ke banyak orang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *