TRAVELING

HAL YANG HARUS DIPERSIAPKAN SAAT AKAN TRAVELING KE MALAYSIA-SINGAPURA

Ini adalah kali pertama saya pergi ke luar negeri, walaupun dalam rangka kegiatan kampus, tetapi tetap terasa travelingnya, karena 75% kegiatan kami adalah jalan-jalan dan foto-foto tentunya hihi.

Bagi orang yang sering bolak-balik liburan ke dua negara tetangga kita tersebut; Malaysia dan Singapura mungkin cerita yang saya tulis ini  tidak ada apa-apanya, tetapi saya akan tetap membagi cerita saya berdasarkan pengalaman untuk teman-teman terutama mungkin bagi ada yang related dengan saya yaitu ketika ini menjadi pengalaman pertamanya ke negara tetangga kita atau yang akan berencana pergi, semoga tips dan cerita yang saya tulis ini dapat bermanfaat yaa ^^.

Selama 4 hari tiga malam saya berada di Malaysia dan Singapura dua hari di Malaysia dan dua hari di Singapura. Kegiatan kampus saya fokus di Malaysia yang dilaksanakan pada hari kedua, sisanya ngapain ??? yaa tentunya jalan-jalan dong bebss hahaha.

Jadi, walaupun ini kali pertama saya ke luar negeri setidaknya saya sudah memiliki secuil gambaran tentang bagaimana dan apa yang harus dilakukan ketika melakukan traveling ke luar negeri, kalau ada yang salah boleh dikoreksi ya gaess.

Beberapa hal atau tips yang dapat saya bagi untuk teman-teman sekalian ketika traveling atau berencana traveling ke Malaysia-Singapura;

  1.  Siapkan Fisik

Ketika setiap akan traveling saya selalu mempersiapakn fisik jauh hari sebelumnya, entah itu dengan menjaga tubuh untuk tetap sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin dan mempersiapakan obat-obatan serta vitamin  yang dibutuhkan sewaktu-waktu jikalau terjadi hal yang tidak diinginkan.

Tetapi ternyata pergi ke luar negeri terutama di negara yang sangat membatasi alat transportasi seperti Singapura kekuatan fisik sangat dibutuhkan bahkan harus ekstra kuat *oke ini lebay. Yang sudah punya pengalaman ke sana tentunya setuju, karena di Singapura kita akan berjalan kaki terus, misalnya dari area parkir ke tempat tujuan karena peraturan di negara tersebut memang begitu, itulah yang membuat fisik kita benar-benar harus kuat, jalan kaki bisa hampir dua kilo.

Kita dituntut harus kuat jalan kaki bahkan berlari jikalau teman-teman rombongan sudah terlihat jauh, jangan sampai kita tertinggal di belakang. Kalau di Malaysia masih hampir sama seperti di Indonesia untuk alat transportasi dan jalan kaki masih lebih longgar. Itulah kenapa ketika berpergian ke luar negeri memakai sport shoes sangat disarankan, tapi saya rasa di negara-negara maju lainnya juga mungkin hampir sama dengan Singapura di mana mereka membatasi penggunaan alat transportasi sehingga membutuhkan banyak jalan kaki. Di Singapura dan Malaysia saya sangat takjub karena negaranya sangat mengahargai para pejalan kaki atau pedestarian sehingga trotoar memang digunakan sebagaimana fungsinya, jadi jangan takut kalau jalan cepat akan diserepet motor ckck.

 

  1. Administrasi dan Tujuan

Selalu persiapakan administrasi dan simpan pada tempat yang gampang di jangkau. Ketika berada di imigrasi di bandara atau di perbatasan passport tentu sangat dibutuhkan untuk di beri cap visa tetapi juga persiapkan diri untuk tidak mencuri perhatian petugas atau orang lain di sana secara fisik, maaf misalnya bagi teman-teman yang memakai cadar atau yang memiliki brewok atau jenggot, tidak ada masalahnya tetapi pastinya akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk ditanyai/diwawancara ketika berada di imigrasi, teman-teman bisa mengkondisikan diri.

Dan pastikan ketika teman-teman solo traveling jangan sampai salah masuk pintu gate di bandara ya apalgi salah terminal, karena nggak kebayang bagaimana teman-teman harus berlari jauh untuk agar tak ketinggalan pesawat, tetapi saran ini hampir sama jikalau teman-teman berada di bandara manapu.

Kemudian tentukan tujuan teman-teman, oke ini tentunya sudah dipersiapakan jauh hari sebelum keberangkatan seperti jadwal atau rute yang akan di lalui, jika teman-teman menggunakan travel agent teman-teman hanya akan megikuti instruksi dan duduk manis, tetapi jika berencana pergi solo traveling maka tujuan yang di datangi sudah harus dipersiapan jauh hari sebelumnya.

 

 

  1. Low Your Expect

Turunkan Ekspektasimu. Oke itu pelajaran yang saya dapatkan ketika traveling ke dua negera tersebut. Tidak selalu yang kita lihat dan baca di sosial media atau di televisi tentang sebuah negara selalu terlihat sempurna tanpa cela. Mereka juga memiliki kekurangan seperti kita kok. Misalnya ketika di Singapura harus terbiasa menemukan toilet yang tidak ada air dan hanya menggunakan tisyu kering (kalau ini memang begitu karena penggunaan air di sana sangat terbatas) makkk aku tak bisaa, mempersiapkan tisyu basah bisa menjadi pilihan atau menggunakan air mineral.

Suhu yang panas seperti di kota-kota besar di Indonesia, di Malaysia dan Singapura juga seperti itu, puanassee puuooll, bawa kipas tangan sendiri dari rumah biar aman ya gaes wkwk. Tempat wisatanya-pun juga hampir sama seperti di Indonesia ada penjual pinggir-pinggir, para mamang-mamang tukang foto dan orang-orang yang masih belum disiplin dalam membuang sampah. Oke kita hampir sama dengan mereka.

 

  1. Budged

Siapkan budged atau dana, kalau yang menggunakan travel agent yang perlu dipersiapakan mungkin hanya budged untuk oleh-oleh, dan ini subjektif ya tergantung kebutuhan teman-teman sendiri, mau belanja gila-gilaan atau secukupnya, tapi tetap ya cari tahu di mana tempat belanja yang murah meriah kalau mencari oleh-oleh biar tetap hemat dan dapat banyak barang ^^, misalnya kalau di Malaysia itu  di Sungei Wang itu adalah tempat yang murmer (murah meriah) untuk mencari oleh-oleh dan kalau di Singapura mungkin Pasar Bugis bisa menjadi pilihan. Kalau teman-teman punya banyak budged bolehlah belanja di orchard road hihi.

Dan kalau teman-teman traveling sendirian atau dengan teman-teman tentunya budged yang dibutuhkan akan lebih banyak atau mungkin bisa fleksible sesuai dengan kebutuhan teman-teman sendiri, teman-teman bisa menghitung cost yang dibutuhkan mulai dari transportasi, penginapan, makan dan mungkin tiket masuk wisata, persiapannya bisa dari jauh hari sebelumnya.

  1. Jangan Hilang

Tips terakhir adalah jangan sampai hilang atau tertinggal. Ini mungkin saran jikalau teman-teman pergi dengan menggunakan travel agent, di mana semua waktu sudah ditentukan oleh travelnya sehingga tidak ada keterlambatan untuk sampai ke tujuan selanjutnya. Teman-teman harus mentaati apa yang diperintahkan oleh travel agentnya, karena jika tidak sesuai dengan schedule yang sudah ditentukan maka teman-teman akan rugi sendiri karena bisa tertinggal atau bisa melewatkan tujuan selanjutnya. Jadi pastikan ketika teman-teman sedang berada di tempat wisata atau tempat belanja alokasikan waktu yang sesuai dan jangan hilang contact dengan salah satu teman atau rombongan, karena kasian teman-teman kalian yang lain harus menunggu kalian yang tak ingat waktu sedangkan semua sudah menunggu.

 

Tips dan saran ini adalah hal yang masih umum dan berdasarkan pengalaman saya ya teman-teman, belum bisa menceritakan tempat wisatanya secara spesifik, doakan semoga bisa balik ke sana biar bisa menulis lebih luas lagi tentang wisata atau sisi lain yang ada di Malaysia dan Singapura ya hihi.

 

Mungkin dari teman-teman ada yang sering bolak balik tiap weekend liburan Malaysia-Singapura boleh dong berbagi ceritanyaa ^^

25 thoughts on “HAL YANG HARUS DIPERSIAPKAN SAAT AKAN TRAVELING KE MALAYSIA-SINGAPURA”

  1. Info yg sangat bagus terutama bg yg prepare utk treveling ke luar negeri atau yg merencanakan perjalanan ke luar negeri..persiapan tentu sangat penting Krn mempengaruhi kenyamanan dlm bertraveling ria..terimakasih atas infonya, ditunggu kisah treveling selanjutnya..👍👍

  2. Aku belum sempat ke Singapura, baru kesampaian di Malaysia bahkan udah dua kali, alhamdulillah. Tapi pengen ke Malaysia lagi ngajakin anak-anak. Nah, waktu ke Malaysia yang terakhir gak sempat ke Sungei Wang karena waktunya terbatas dan urusan liputan. Tapi sempat ke Hariston coklat itu, jajan di Suria KLCC juga sambil foto-foto kayak Nana di depan Menara Kembar

  3. Siip..makasih mba. Tips2 ini sangat penting nih buat saya yg blom pernah ke Sinagpur maupun Malaysia.. Mudah2an nanti sampai juga ke sana. Aamiin..

  4. Wah tipsnya lengkap Mbak, alhamdulillah pernah merasakan ke Malaysia jaman masih bujang dulu..awal Februari kemarin sudah hampir beli tiket ke Singapore namun karena covid mulai menyerang jadi saya urungkan semoga setelah pandemi berakhir bisa melanjutkan rencana yang tertunda berbekal tips dari mbak Nanan amin…

  5. Tim belom pernah keluar negeri. Hehehe. Suka iri nih sama yg punya jalur pedestrian sendiri. Disini udahlah jalan di gang, yg lewat mobil 2. Diklakson pula padahal jalan di pinggir *lho kok curhat 😅

  6. Wah iya mmg bener hrs siap fisik klu jln2 k Singapura Krn alat transportasi daratnya terbatas.. mungkin u ngurangin polusi y mb. Dl pas suami jln2 k Singapura juga gitu..hrs siap2 jalan kaki

  7. Kalo panasnya ya sebelas dua belas lah mbak secara sama2 di Asia Tenggara kan. Tapi nyiapin fisik itu penting banget kalo keluar negeri. Bakalan banyak jalan kaki dan naik turun transportasi umum. Capek tapi serunya itu ga ada tandingannya

  8. Waaah makasih tipsnya mbaa, aku pengen banget ajak bocah ke Malaysia atau Singapura. Yang deket2 dulu lah dr Indonesia, latian sebelum ke luar negri yang jauh2 xixi. Aamiin.

  9. Iya nih palingmales itu pas di Singapura kalau pas ke toilet aku judi bekel tisu basah sama botol air minum kemasan, suka ngerasa ngga bersih… Kalau di KL masih sama kyk di Indonesia sih, rata2 ada semprotan

  10. Di negara maju memang area untuk berjalan kaki disediakan ya, bagus gitu trotoarnya. Soalnya memang kemana-mana kudu jalan kaki, biasanya pada cepet-cepet kayak dikejar debt collector jalan kakinya. 😀

  11. jangan lupa pake flat shoes ya mbak,, ini modal utama kayaknya biar kaki kagak bengkak ya mbak…sebab diluar negeri orang lebih suka jalan kaki (dengan kecepatan seperti orang berlari diindonesia)

  12. Duh.. Pengen banget ke Singapura.. soalnya ibu mertua tinggal di sana dan Aku belum pernah menginjak negaranya sekalipun.. wkwk. Semoga ada rezekinya bisa jalan-jalan ke negeri Singa. Hehe. Tapi kalau ditanya mau berkunjung ke negara Mana.. selain Makkah.. pengennya sih ke Jepang & Korea.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *