HEALTH PARENTING SOCIAL

Pentingnya Pendidikan Bagi Peran Seorang Perempuan

Tanggal 8 Maret ditandai sebagai hari Perempuan Internasional (International Women’s Day), mengapa sampai ada hari perempuan (?), karena begitulah ‘spesialnya’ seorang perempuan. Peran seorang perempuan itu sangat penting, bagi keluarganya, lingkungannya, dan bagi negara. Tanpa perempuan dalam sebuah keluarga maka akan goyahlah keluarga tersebut. 
Pada era millenial ini perempuan memiliki andil besar dalam kemajuan sebuah negara, banyak perempuan hebat yang menjabat, yang memimpin dan berdedikasi tinggi. Tetapi tak semua perempuan memiliki kesempatan tersebut, berbagai faktor menjadi penyebab salah satunya adalah karena rendahnya tingkat pendidikan yang dimiliki oleh sebagian perempuan. Tak semua daerah memiliki kemajuan pendidikan yang sama dalam hal akses dan kualitas, dan tak semua perempuan memiliki kesempatan yang sama dan besar dalam hal pendidikan.

Menurut data tahun 2019 dari Kemenpppa (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) bahwa angka melek huruf laki-laki masih lebih tinggi daripada perempuan, yaitu sebesar 97,33% untuk laki-laki dan sebesar 93,99% untuk perempuan (1). Perempuan dan laki-laki pada dasarnya  memiliki hak yang sama dalam hal pendidikan, dan diatur dalam undang-undang di Negara kita Indonesia. Tapi mengapa angka pendidikan bagi perempuan masuh kurang? ini menjadi pertanyaan bagi kita semua.

                         

Dalam keluarga dan lingkungannya perempuan memilki peran dan fungsi yang strategis, dimana peran dan fungsi ini tidak semua perempuan bisa melakukannya dengan baik karena rendahnya tingkat pendidikan. Bagaimana seorang perempuan dapat menjalanankan peran dan fungsinya dengan baik bagi keluarganya dan lingkunganya apabila tingkat pendidikannya rendah?. Seorang perempuan akan menjadi pendidik utama bagi anak-anaknya, penyangga kuat bagi keutuhan dan kebahagiaan keluarganya dan menjadi bagian dalam kemajuan sebuah negara. Begitu mulia peran dan fungsi seorang perempuan.
Seorang perempuan harus mau berusaha untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas dirinya, kemampuan paling dasar yang dapat dilakukan oleh seorang perempuan adalah dalam hal literasi/membaca. Dari data sebelumnya telah diperlihatkan bahwa angka melek huruf perempuan lebih rendah dari laki-laki. Pentingnya bagi seorang perempuan berusaha untuk mau meningkatkan kualitas dirinya mulai dari hal terkecil adalah dengan meningkatkan kemampuan literasinya, agar seorang perempuan dapat mengetahui apa saja yang menjadi hak-haknya sebagai warga negara Indonesia.

Perempuan sebagai pendidik utama bagi anak-anaknya, seorang ibu/perempuan akan memberikan pendidikan kepada anak-anaknya terutama pendidikan karakter yang baik bagi anaknya apabila seorang perempuan sendiri memiliki pendidikan yang rendah bahkan pengetahuan yang rendah, maka perempuan sebagai sekolah pertama bagi anak-anaknya akan sulit tercapai. Karena seorang perempuan yang cerdas akan melahirkan generasi yang cerdas pula.

“Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan” Tan Malaka

Peran seorang perempuan juga berada di lingkungan sekitarnya atau masyarakat, seorang perempuan mampu membawa kemajuan dan memberikan kontribusi bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya, banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang perempuan yang memiliki pendidikan pada lingkungan sekitarnya, dia mampu menggerakkan organisasi dia mampu memberikan pengajaran dan mampu menyuarakan pendapatnya. Ketika kemampuan dan pendidikan itu diraih oleh perempuan maka majulah masyarakat tersebut.

“Terkadang sebagai perempuan pendapat dan cara berpikirnya tidak didengarkan dengan baik dan melalui pendidikan yang baik tersebut lah dia bisa mengubah sudut pandang orang lain akan hal tersebut.” Michelle Obama
Peran seorang perempuan tak ahnya ada di keluarga dan lingkungan sekitarnya, tetapi dia memiliki peran besar juga dalam negaranya, banyak kita lihat seorang perempuan menjadi menteri, menjadi pejabat, emnjadi seorang yang mampu memberikan manfaat yang lebih banyak dan luas bagi orang lain, itu semua tentu didapatkan karena tingkat pendidikan dan pengetahuannya yang tinggi, kita tak bisa berharap menjadi seperti mereka apabila pendidikan yang kita raihpun masih rendah.

Masalah pendidikan bagi seorang perempuan tak hanya menjadi masalah bagi negera, tetapi keluarga dan masyarakat harus bahu membahu meningkatkan dan kesetaraan pendidikan bagi seorang perempuan, karena dengan pendidikan seorang perempuan mampu menguatkan segala peran dan fungsinya, bagi keluarganya, lingkungannya dan bagi Negara.

“Sekolah-sekolah saja tidak dapat memajukan masyarakat, tetapi juga keluarga di rumah harus turut bekerja. Lebih-lebih dari rumahlah kekuatan mendidik itu harus berasal.” R.A Kartini

                                                       

                                  

Salah satu dukungan bagi perempuan di Indonesia berasal dari EduCenter yang bergerak dalam kesetaraan pendidikan bagi perempuan adalah EduCenter, mall edukasi pertama yang ada di Indonesia, yang berupaya menginginkan  pentingnya kesetaraan pendidikan untuk perempuan di Indonesia. 
#educenterid
#pendidikandanprempuan
#peranperempuan
Referensi :

Picture from Google.

24 thoughts on “Pentingnya Pendidikan Bagi Peran Seorang Perempuan”

  1. Hmm ngomongin perempuan ya, harus diakui memang masih ada gap dengan laki2. Semoga aja makin banyak perempuan yg nggak ragu buat berpendidikan tinggi. Toh nanti juga balik kontribusi buat lingkungan sekitarnya. Minimal di keluarganya ya 🙂

  2. Semoga makin banyak pihak yang peduli sama hal ini soalnya pendidikan generasi penerus kan memang dimulai dari rumah, dan "rumah" itu adalah perempuan.

  3. Setuju banget. Pendidikan itu sama pentingnya untuk laki2 maupun perempuan. Alhamdulillah sekarang telah makin merata meski tetap saja masih ada anggapan kurang pentingnya bagi perempuan2. Semoga hal.ini segera berubah

  4. Woah saya geram kalau ada orang yang masih berpikiran bahwa perempuan enggak perlu sekolah tinggi kalau ujung-ujungnya di rumah doang. 🙁
    Aku pernah dibilang gitu bahkan sama orang yang itungannya deket sama aku, gimana ya cara negur yang sopan dan enggak nyakitin gitu? Huhu

  5. Sudah basi ya yang menganggap perempuan itu lemah dan tak berdaya,sebaliknya kita adalah kunci berjalan dengan baiknya suatu keluarga, masyarakat bahkan negara..selamat berjuang para perempuan Indonesia, mari saling dukung..

  6. Makanya aku termasuk concern banget sama pendidikan krn tau betapa pentingnya. Aku harap anak2 juga nanti semangat kuliah sampe tinggi. Jadi ibu kan sekolah buat anak2nya jd harus pinter

  7. Yang masih meragukan kepiawaian perempuan mesti belajar bareng dulu deh. Karena kebanyakan perempuan lebih unggul di bidang pendidikan juga. Namun di sisi lain pun masih banyak perempuan yang belum percaya diri dengan kemampuannya

  8. Perempuan emang pegang peran strategis baik di keluarga, lingkungan, masyarakat, negara, bahkan dunia. Perempuan emang sebaiknya punya wawasan luas. Banyak membaca emang jadi sarana untuk mendapat wawasan. Semoga lebih banyak lagi perempuan yang bisa baca.

  9. Cakep banget informasi dan edukasinya. Sangat menginspirasi. Keep inspired ya. Apalagi menulis untuk ibu ibu yang mencerdaskan generasi bangsa

  10. Perempuan sekolah tinggi-tinggi terus di rumah saja…. Hahayyy jika ada yang bilang begini kayaknya dia lagi amnesia ya. Lupa sama sekali bahwa anak-anak dan keluarga di rumah tuh siapa yang bakalan ngedidik. Tak hanya soal ilmu sekolahan, ketrampilan hidup dan kecerdasan akhlak juga perlu diajarkan oleh perempuan yang tadi ditanya kenapa sekolah tinggi-tinggi. 😉

    Memilih untuk menjalani pendidikan sampai ke jenjang tertinggi dan mengajarkan ilmunya itu untuk anak-anaknya adalah hal logis. Sering bingung deh dengan yang mempermasalahkan hal ini, ketika ybs memutuskannya dengan penuh pertimbangan dan telah berdiskusi dengan pasangan hidupnya. 🙂

  11. Kalau menurutku, jadi perempuan emang harus pintar, karena di tangan kitalah generasi berikutnya akan tumbuh..perlu modal ilmu yang cukup untuk membesarkan sebuah generasi..bahkan dalam ungkapan Afrika disebutkan bahwa need a village to raise a child

  12. Mendidik satu perempuan sama dengan mendidik satu generasi, jadi wajib banget perempuan mendapat pendidikan yang tepat. Karena kelak di tangannya akan lahir dan tumbuh generasi-generasi masa depan bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *